PEMANDANGAN UMUM
FRAKSI
PDI PERJUANGAN DPRD KABUPATEN TANGERANG
TERHADAP
LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNG JAWABAN KEPALA DAERAH
KABUPATEN TANGERANG TAHUN ANGGARAN 2010


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.
M E R D E K A !!!
Yth, Sdr Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tangerang
Yth,Sdr Bupati dan Wakil Bupati Tangerang
Yth, Sdr. Unsur Muspida Kabupaten Tangerang dan Pimpinan Instansi Vertikal lainnya.
Yth, Sdr. Sekda beserta para pejabat lainnya di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.
Yth, Sdr. Pimpinan Partai Politik,Organisasi Masyarakat dan Profesi,LSM
dan Hadirin yang kami muliakan.

Rapat Paripurna Yang Terhormat,
Sesuai dengan PP No. 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Pemerintah, Laporan Keterangan pertanggungjawaban Kepala Daerah Kepada DPRD, dan Informasi LPPD kepada Masyarakat Bab III LKPJ Pasal 16 berbunyi; LKPJ disusun berdasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, dengan format sebagaimana tercantum dalam Lampiran III yang tidak terpisahkan dari Peraturan Pemerintah ini.
Dan menurut PP tersebut Bagian Kedua Muatan LKPJ Pasal 18 dinyatakan bahwa; LKPJ sekurang-kurangnya menjelaskan:
a. Arah kebijakan umum pemerintahan daerah
b. pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah
c. penyelenggaraan urusan desentralisasi
d. penyelenggaraan tugas pembantuan; dan
e. penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.


Rapat Paripurna Yang Terhormat,
Mencermati LKPJ saudara Bupati, maka fraksi PDI Perjuangan ingin sekedar urun rembuk dengan menyampaikan pandangan, pernyataan, dan pertanyaan sebagai berikut;
1. Indeks Pembangunan Manusia di kabupaten Tangerang mengalami peningkatan pada tahun 2009 sebesar 71,45% (buku LKPJ Bab I-6). Kami ingin mendapatkan penjelasan berapa Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2010?
2. Keprihatinan Pemerintah daerah karena masih minimnya prosentase lulusan perguruan tinggi (Buku LKPJ Bab I-7). Maka sekali lagi kami ingatkan agar ke depan untuk membuat program kegiatan untuk memberikan bea siswa bagi lulusan SLTA yang berprestasi dan tidak mampu. Semakin banyak yang diberikan bea siswa. Semakin baik buat kita semua. Sehingga keprihatinan ini tidak berhenti pada sebatas keprihatinan, tetapi ada solusi untuk meningkatkan prosentase lulusan perguruan tinggi ke depan.
3. Seperti halnya pada poin (1), data sektor ketenagakerjaan yang disampaikan (Buku LKPJ 2011 Bab I-9) adalah data tahun 2009 yang dinyatakan bahwa tingkat pengangguran di kabupaten tangerang sebesar 15,86%. Pertanyaan kami berapa sebenarnya Angka Pengangguran pada akhir tahun 2010?
4. Mencermati LKPJ Kepala Daerah kami menilai Kenapa tidak dicantumkan permasalahan tentang Adanya Perubahan Pelaksanaan DAK Kesehatan dari obat obatan ke Rehab Puskesmas?
5. Dan juga tidak adanya penjelasan tentang rekomendasi Pansus PD Pasar yang belum Juga dilaksanakan mengenai penggantian Manajemen?
6. Kemudian kami mohon adanya penjelasan mengenai DAK Pendidikan. Mengapa masih banyak yang menyimpang.?


Hal-hal lain akan kami sampaikan pada saat pembahasan internal nanti, karena apabila kami sampaikan pada rapat paripurna yang terhormat ini akan memakan waktu yang terlampau lama


Rapat Paripurna Yang Terhormat
Sebenarnya masih banyak yang harus kami kemukakan dalam pemandangan umum ini, namun karena keterbatasan ruang dan waktu. Kami ringkas dimana menurut kami, hal hal tersebutlah yang menjadi prioritas pembahasan pembangunan dimasa ini. Fraksi PDI Perjuangan, mengharapkan agar LKPJ bukan merupakan sebuah seremonial tahunan, melainkan progress report. mestinya pemandangan umum fraksi dan evaluasi DPRD, dijadikan sebagai catatan penting untuk perbaikan ditahun berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mercy Tiger / Mercedes Benz w123

YAMAHA NOUVO Z KU YANG SETIA